Republik Nyontek

Hihi... (Ketiwi (baca=ketawa) dikit...)
Republik "nyontek" ya ?
Pengalaman 'menggantikan' jam ngajar salah seorang guru lab yang sedang izin ada tugas lain di luar, sedikit 'mengetuk' nurani usil ku, hingga lahirlah sebuah posting ini, yang mungkin gak ada menarik-menariknya, sedikitpun...
Tapi... e-Ge-pE !! Yang penting, blogku gak minim inspirasi...

Begini ceritanya....
Setelah menjelaskan tugas praktek yang harus dikerjakan oleh murid2ku, beberapa belas menit kemudian, seorang murid perempuanku teriak, " Pak ! Ada yang nyontek!..."
Mulanya, aku gak lihat siapapun di dekat komputer anak itu, tapi pas lihat ke bawah kursi, eh... nongol sebuah kepala anak laki-laki!

"Hei..!" tegurku "Kamu nyontek, apa "ngintip", sih...?" (Sorry jadi rada2 parno, karena biasanya, beberapa anak laki2 kadang suka iseng ngintipin......)
"Umh... cuma liat jawabannya aja, Pak...." katanya sambil bangkit berdiri, dengan wajah tanpa dosa, lalu balik ke komputernya....
Aku cuma garuk2 kepala dikit..... sambil melontarkan beberapa celetukan, "Dasar kebiasaan nyontek, Udah aja, kita buat Negara dengan nama Republik Nyontek, masa kalah sama si Dani yang punya Republik Cinta...."

Tapi...
Kalo dipikir2 sih.... Negara kita memang paling tepat kalo ganti nama dengan Republik Nyontek, ya?
Abisnya, paling 'pakar' kalo dah dihadapkan dengan segala hal yang berbau contekan! orang - orang kita paling ahli kalo nyontek apapun di segala bidang......
Jadinya.... kalau jadi diganti, namanya jadi... NKRN, dunk..... Negara Kesatuan Republik Nyontek!

Pas, kan..... ? Apalagi di dunia pendidikan.... Coba aja, kalo lagi musim ulangan, mau ulangan harian, uts-an, ulangan umum, atau semester-an, atau bahkan ujian nasional, murid-murid kita yang lagi ujian, rame-rame nyontek, kan? Kita yang jadi para pendidiknya, sih, mendingan pura-pura gak tau lah, yang penting, bisa ngejar target nilai mencapai sekian koma sekian, dan sekolah gak ketiban malu, karena nilai rata-rata ujian nya paling rendah se-wilayah kota, dan muka Pak Kadis juga, terselamatkan, karena di bidang pendidikan, kotanya bukan yang terendah di negeri yang bernama Republik Nyontek... Bener apa bener......?

Dah dulu ah...

0 Response to "Republik Nyontek"

Post a Comment

Thx sudah mampir dan/ menulis komentar di sini...