Excel-7 Menyimpan Data/File/Book

Sekarang, di bagian ke-7 kali ini, kita coba pelajari bagaimana menyimpan Tabel .
Perlu difahami dahulu, bahwa tujuan menyimpan file tentunya agar data-data yang kita buat, (dalam hal ini Tabel) akan selalu tersimpan di komputer kita, dan suatu saat apabila diperlukan, kita bisa membukanya kembali (Open File) atau bahkan melakukan editing data dan penambahan data.
OK, kita mulai menyimpan Tabel yang kita buat tadi, dengan cara sbb:

Klik menu File | Pilih dan klik Save As
Tunggu bentar sampai muncul kotak dialog Save As seperti ini...Lihat bagian Save In (Lihat No.1 pada gambar)
Maksudnya, kita akan menyimpannya ke tempat / folder mana dalam komputer kita.
Secara default, standarnya, Excel akan menyimpankan Book Excel kita ke folder My Documents.
Sebenarnya bisa saja diubah ke tempat / folder yang lain.
Tapi dalam contoh ini, kita hanya akan menyimpannya ke folder My. documents.
Jika bagian Save In belum menunjukkan (tertulis) My Documents, anda bisa meng-klik Tab My Documents di jendela kiri ( Lihat No.2 pada gambar)

Setelah itu, kita namai file Excel (Book) kita dengan nama yang kita berikan sendiri.
Secara automatic, Excel akan memberi nama Book 1.
Tapi Bisa saja kita mengubahnya, dengan cara menghapus (delete) tulisan Book 1 di bagian File Name (Lhat No.3 pada gambar) lalu mengetik nama file kita sendiri, misalnya : Tabelku.

Di bagian Save As Type, sebaiknya biarkan saja tertulis Microsoft Excel Workbook, sebab kita memang sedang mengerjakan file dalam format Microsoft Excel.
Kecuali suatu saat kita ingin berbagi data dengan pengguna program lain yang bukan Microsoft Excel, kita bisa saja mengubahnya ke berbagia bentuk format lewat pilihan di sini...
Pusing...?
Makanya... bagian ini biarkan saja tertulis Microsoft Excel Workbook...... Okay? Satu saat apabila ada kesempatan, kita bahas..

Terakhir, klik tombol Save (Lihat No.5 pada gambar)

Dan Excel akan membawa kita kembali pada layar Menu Editor Excel, tetapi data dan tabel yang kita buat sudah tersimpan di komputer......Coba saja perhatikan di bagian Tittle Bar (Bar Judul) di paling atas.
Tertulis Microsoft Excel - Tabelku
Ini artinya, kita sudah berhasil menyimpan data (dalam hal ini berupa tabel) dalam Program Microsoft Excel dengan nama Tabelku
Microsoft Excel adalah Nama program yang kita gunakan untuk membuat data berupa Tabel tadi....
dan Tabelku adalah Nama file dalam Ms.Excel yang baru saja kita buat...
Dan File Excel Tabelku ini akan tersimpan dalam komputer, kecuali suatu saat kita hapus, apabila sudah tidak diperlukan lagi.....

Catatan:
Pilihan Save dan Save As, agak berbeda fungsinya.
Jika pertama kali kita menyimpan file/book, kita bisa saja memilih Save atau Save as, dan hasilnya sama saja, akan membuka kotak dialog Save As. Itu kalau pertama kali kita menyimpan file.
Tetapi, jika suatu saat kita sudah sempat menyimpannya, kemuadian kita ternyata menambahkan data pada file tadi, kita cukup meng-klik pilihan Save pada menu file atau ikon Save pada toolbar.
Kecuali,
Kalau kita ingin menyimpannya dengan nama yang lain, tetapi isi file kita persis dengan file yang kita buat barusan, maka kita harus memilih Save As.. Lalu ganti nama filenya dengan yang lain....

(----bersambung------)

Seluruh Posting tentang Excel (Microsoft Excel) ini hanya ditujukan untuk menunjang KBM dan PBM di tempatku bekerja.


Click Here to Download : e-book Tutorial Excel-7 Menyimpan Data/File/Book dalam format PDF

Download software pendukung :
Umh.. belum meng-install Adobe Reader di komputermu ?
Klik link di bawah ini untuk Donlot Adobe Reader
  1. Adobe Reader5.exe
  2. Adobe Reader9
by. Budi-Sd
on http://fresh-budisetiadarma.blogspot.com
on http://budisetiadarma.blogspot.com
or http://mediatik9.wordpress.com
or http://mediatik9.blogspot.com
or http://smpn9sukabumi.blogspot.com
or http://game-times.blogspot.com
or http://view-bsd.blogspot.com

0 Response to "Excel-7 Menyimpan Data/File/Book"

Post a Comment

Thx sudah mampir dan/ menulis komentar di sini...