Men-Daftar Email di Yahoo!Com

Klik disini untuk Download e-book Tutorial :Men-Daftar Email di Yahoo!Com dalam format PDF

Email atau elektronic mail, merupakan fasilitas korespondensi, surat-menyurat dalam internet. Jadi, kita dapat mengirim atau menerima surat lewat komputer yang terhubung ke internet, tanpa memerlukan kantor pos dan kertas.
Hanya saja, kita , tentunya memerlukan perangkat komputer yang terhubung ke internet.
Berikut ini, saya akan coba jelaskan, bagaimana cara membuat sebuah email dalam Yahoo!


PERTAMA,
Jalankan sebuah browser di komputermu, untuk menjalankan internet. Misalnya Internet Explorer, atau Mozilla FireFox, atau Opera, atau Netscape Navigator, atau yang lainnya, yang sering kamu gunakan.Kemudian di bagian address bar ketikkan alamat situs Yahoo.Com
Misalnya, di sini dalam contoh ini, ketik di bagian address bar browsermu, www.yahoo.com atau cukup ketik yahoo.com untuk layanan Yahoo dalam Bahasa Inggris. Seperti contoh dalam illustrasi berikut:

Kemudian klik GO atau tekan tombol Enter di keyboard
Memang mesti sabar. Apalagi... selain jaringannya lagi lambat, eh... komputermu 'lemot' nya setengah hidup! Hehe... serasa paling menderita sedunia!

Klik pada gambar untuk melihat lebih jelas

Nah!
Ini contoh tampilan situs Yahoo dot com.
Sekarang, cari tombol
Sign Up (=Daftar) untuk memulai pendaftaran fasilitas surat di Yahoo!
Biasanya selalu berdampingan dengan tombol
Sign In (=Masuk).
Tapi tombol yang ini (Sign In) lupakan dulu, Brow, sebab, disini, anggap aja kita belum bisa masuk ke email, karena... memang baru mau akan! Eh, baru mau membuat....
Klik Sign Up

Tunggu bentarrrrrr... sampai muncul format registrasi pendaftaran di Yahoo.Com yang tentunya harus kamu isi sesuai keperluan sbb ya....(Lebih Jelassss lihat di langkah Kedua!)Tentunya,.. isi dunk, kayak contoh berikut nih.
Tapi stttt... ini hanya contoh! sekali lagi contoh. Jadi.. jangan semuanya mengikuti apalagi persis sama contoh disini ye...
Pastikan kalau memang email yang akan kamu buat sekarang email yang serius, ya... isi denk sama data-datamu yang serius juga, OKAY? Data yang benar dan akurat, lah kerennya...
Tapi kalau cuma mau mencoba, ya... silakan saja isikan data-data sembarang, semau mu... yang penting data-datanya terisi!


KEDUA
Mulai melakukan registrasi!
Create Your Yahoo! ID
Kita diwajibkan mengisi formulir registrasi atau Daftar Isian Pendaftaran di Yahoo.
Sekali lagi, Yang harus diperhatikan disini, jika email ini akan kita gunakan secara serius, untuk tujuan-tujuan yang pasti dan memerlukan data-data akurat dan benar atau jujur, silakan anda isi formulir ini dengan benar dan jujur, sesuai dengan biodata anda yang real.
Tapi jika hanya untuk latihan saja, anda boleh mengisinya 'sembarang' atau' asal-asalan', OK?

Nah, saya akan berikan contoh pengisian formulir registrasinya seperti contoh berikut.
Tapi... sebaiknya anda tidak persis mengetikkan data-data ini.Sekali lagi,
INI HANYA CONTOH dan anda harus menggunakan data-data lain.

Contoh Pengisian :Penjelasan:
I Preferred Content from :
Biarkan saja terisi dengan Yahoo US in English. Kecuali kita akan mengubahnya ke layanan Yahoo sesuai negara kita, misalnya Indonesia, Pilih yahoo Indonesia. dan nantinya email kita akan berakhiran ......@yahoo.co.id bukan .....@yahoo.com.
Dalam contoh ini, kita akan menggunakan Yahoo US, sehingga email kita nantinya berakhiran .........yahoo.com dan seluruh menunya dalam layanan bahasa Inggris.

1. Tell Us about your self

My Name
:
Isi dengan nama anda. Misalnya Budi di kotak yang kiri kalo nama lengkapmu Budi Setiadarma, lalu ketik Setiadarma di kotak kanannya

Gender
:
Isi dengan Male kalo kamu Laki-laki, Female kalo kamu cewek

Bithday
:
Isi dengan bulan, hari dan tahun lahirmu

Postal Code
:
isi dengan kode pos untuk kota tempatmu hidup! Hehe.. tinggal, maksudx..


2. Select an ID or password

Yahoo! ID
and email :
isi dengan rencana nama email kita nantinya misalnya disini saya ketik ini_suratku (baca: ini underscore suratku). penulisannya harus rapat tanpa spasi. Makanya jika antar kata memang maunya dipisah, untuk pemisahnya, kita gunakan karakter _ atau underscore. Nantinya apabila berhasil, nama email saya lengkapnya adalah ini_suratku@yahoo.com (email saya adalah ini_suratku yang dibuat pada situs yahoo dot com)
Yahoo sudah menyiapkan kemungkinan nama email kita sesuai data yang kita masukkan, tapi kalo tetap maksa! mau nama yang lain sesuai keinginan kita, ya ketik aja seperti dalam contoh ini, saya memaksa ingin memberi nama email dengannama: ini_suratku yang nantinya lengkapnya adalah ini_suratku@yahoo.com (baca: ini underscore suratku at yahoo dot com)
Lalu supaya yakin tersedia atau tidaknya, disetujui atau tidaknya, available atau tidaknya,klik saja Check

Password : atau sering disebut dengan sandi,
merupakan fasilitas kode pengaman kita agar email kita tidak dapat dimasuki oleh sembarang orang. Sebab, pada saat kita akan masuk ke layanan email (Sign in atau Masuk) kita diminta mengetikkan Yahoo ID dan Password.
Jadi, sebaiknya, password kita, jangan pernah - pernah -pernah! diketahui lain orang. Rahasia. Secret!
Silakan isi paling sedikit 6 karakter, paling banyak sampai 32 karakter, bisa hanya terdiri huruf saja, angka saja, atau gabungan keduanya. Tanpa spasi. dan huruf kecil atau kapital sangat mempengaruhi.
Dan... juga harus selalu ingat! Jangan sampai suatu saat kita lupa password sendiri, hingga tidak bisa masuk untuk mengakses email kita. Cilaka.... buat lagi, denk! Cape....

Re-enter Password :
Disini kita disuruh mengetikkan ulang password yang sama dengan yang kita disi di kotak password di atasnya. Harus sama persis!



3. In case you forget your ID or password...

Alternate email :
lebih baik abaikan saja, ini alternatif email kita, beberapa pengalaman, waktu iisi malah error. Tapi silakan saja coba isi.

Security question
:
silakan pilih salah satu. Ini hanya jaga-jaga kalau-kalau kita lupa password, jadi bisa membantu meminta password yang baru. Asalkan kita ingat data-data yang telah dimasukkan saat registrasi seperti sekarang.
Artinya, usahakan harus saling berhubungan dengan password kita.
Contoh.
Misalnya jika password atau sandi kita : kucing, berarti kita cari pilihan pertanyaan yang berhubungan dengan binatang peliharaan atau pets, dan jawabannya nanti yang mirip kucing. misalnya: mpus.
Ini membantu kalau suatu saat kita lupa id dan passwordnya.

Your answer :
Ini jawaban dari pilihan pertanyaan pada security question
Misalnya jika pada security question kita ambil pilihan pertanyaan What is your pet's name? pada Your answer: kita ketik (misalnya): mpuzz t,erserah sihh,yang jelas harus minimal 4 karakter.


Just a couple more details...

Di bagian ini kita diberikan random code berbentuk unik, yang harus kita masukkan ke kotak yang tersedia.
Pada contoh di sini, code yang diberikan adalah c e r w
apabila nantinya kita setelah kita submit data atau create My Account, ternyata terdapat kesalahan, maka kita harus memperbaiki semua kesalahan yang ditandai ( biasanya ditandai warna kuning, dan diatas ada penjelasan apa saja yang salah / incorrect) , dan Yahoo akan memberikan code unik lain yang berbeda, dan tetap harus dimasukkan pada kotak yang tersedia, OK?
Di sebelah kanan tulisan Do you agree? terdapat kotak kecil yang harus di hklist atau di klik, apabila kita setuju setelah memasukkan semua data, dan untuk melanjutkan untuk mengirimkan data-data kita.


Hehe.. lumayan juga cerpennya, puanjaang pisan.

Sekarang, apabila sudah yakin dengan data-data kita, klik tombol Create My Account.
Tunggu bentar say..., sampai muncul konfirmasi pendaftaran dari Yahoo! sbb....Nah loh....
Jadi juga nih suratnya. Eh, emailnya.
Berarti sekarang aku sudah punya email baru lagi dengan nama ini_suratku@yahoo.com

Jangan lupa ! Catat. Cateueueueueuettt....
Dan ! Kalau nanti kita login / sign in / masuk ke surat Yahoo (baca= email)
Kita cukup mengetikkan ini_surat pada Yahoo ID dan masukkan juga password atau sandi sesuai pendaftaran.
Tapi kalau kita bagi-bagi alamat email ke sahabat, temen atau seseorang, maka kita harus menuliskannya lengkap seperti ini: ini_suratku@yahoo.com OKAY?

Sekarang,
Klik Continue, untuk melanjutkan ke surat Yahoo...
Ooooppss... o...oww.....
Kok muncul kayak gini, ihh....Jangan kuatirrrr...
Ini hanya sekali saja muncul sesaat setelah pendaftaran.
Selanjutnya apabila kita buka email lain waktu, kita tidak akan dihadapkan lagi sama wajah jelek ini... (baca=tampilan ini)
Penyebabya sih biasanya kayak begini....
Browser internet kita belum di upgrade ke versi yang lebih tinggi. Mungkin saja kalau program browser (misalnya Firefox) di komputermu sudah serba baru, sudah diupgrade atau diupdate, atau apalah namanya... kasus ini gak bakalan muncul, OKAY?
Coba aja baca, apa saja keterangannya...

Yang sebelah kiri,
Katanya, Browser Mozilla Firefox yang saya gunakan harus diupgrade ke yang baru dulu. Masih jadul
Jadi klik aja upgrade kalo mau.Tapinya ini memerlukan waktu agak lama, dan kita harus sudah biasa dengan proses men-download dan menginstalkan program ke komputer.
Tapi kalo gak mau pusing, klik aja pilihan kedua di bawahnya,
berarti kita lanjutkan mem-proses email kita dengan program apa adanya di komputer kita, OK? dan nantinya akan muncul tampilan seperti ini....

Atau...
yang di sebelah kanan,
Boleh juga meng-klik Go to Mail Classic. Kalau kita senang dengan format berbau jadul. Soale... tampilan Mail Yahoo nya tampilan masih jaman dulu banget!

OK!
Sekarang kita pilih saja Procced at Your Own Risk. Using an older version of Firefox.
Artinya?
Bla bla bla.... pokok-e, kita gunakan format mail Yahoo Yang baru, dengan versi lama Firefox lah... kira-kira itu artinya...
Klik!
Inilah tampilan surat elektronik kita!!
Sukses ya.... horeeee... aku dah punya email baruuuu... ( ceileeee.... meni asa !)

Gampang, kan?
BTW... capek juga nih.... lumayan panjang ceritanya.


Catatan:
Khusus untuk Yahoo ID, anda bisa mengecek terlebih dahulu ID Yahoo kita, apakah available (tersedia) atau tidak, dengan meng-klik tombol
Check Availability of this ID
Yahoo ID atau Nama email kita harus diketik rapat, tidak boleh dipisahkan dengan spasi.
Karakter yang boleh digunakan adalah huruf a sampai z, angka 0 sampai 9, untuk pemisah boleh menggunakan garis bawah atau underscore (_) dan tanda titik (.) atau dot.
Selamat mencoba.
Cara lain untuk login ke Mail Yahoo (sign in atau masuk )adalah dengan mengetikkan www.mail.yahoo.com di bagian address bar browsermu. Jadi kita tinggal mengisi Yahoo ID (alamat email kita) dan passwordnya.
Untuk yang ingin membuat surat dalam Yahoo dengan layanan berbahasa Indonesia, anda ketik saja alamat situs Yahoo Indonesia : www.id.yahoo.com atau www.yahoo.co.id pada address bar browsermu (bisa Internet Explorer, Mozilla, Opera, dll)
Istilahnya agak sedikit berbeda, untuk daftar klik Daftar untuk masuk atau sign in, klik Masuk, jadi sudah di-bahasa-indonesia-kan.

Umh.. belum meng-install software pendukung Adobe Reader di komputermu ?
Klik link di bawah ini untuk Donlot Adobe Reader

  1. Adobe Reader5.exe
  2. Adobe Reader9

0 Response to "Men-Daftar Email di Yahoo!Com"

Post a Comment

Thx sudah mampir dan/ menulis komentar di sini...